Harga Jual / Beli Bitcoin

Indonesia Saat Ini

05:03:00 Wahab Saputra 84 Comments



Sejak Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya 70 tahun yang lalu, banyak perubahan dan perkembangan yang telah terjadi pada kehidupan masyarakatnya. Perubahan yang terjadi meliputi aspek gaya hidup (lifestyle), teknologi dan aspek-aspek lainnya, ada yang berkembang dengan begitu cepat dan pesat sampai tidak terkendali ada pula  yang berkembang dengan lamban, ada yang menangapi dengan antusias ada pula yang menanggapinya dengan biasa-biasa saja.


Indonesia 10 tahun yang lalu masih bisa disebut sebagai bangsa yang bisa memegang teguh nilai-nilai luhur pancasila, namun sepuluh tahun berlalu banyak yang berubah mulai dari perubahan positif maupun negatif. Untuk melihat sejauh mana  Indonesia berkembang dan berubah saat ini, mari kita nilai dari beberapa aspek kehidupan berikut :

Syle : Fashion dan Beauty Berkembang di Indonesia

Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang berpegang teguh pada nilai budaya timur, secara perlahan membuka diri pada nilai budaya barat. Hal ini ditandai dengan banyaknya nilai-nilai budaya barat yang berkembang di Indonesia tidak terkecuali dalam bidang fashion dan beauty. Meskipun banyak yang mempengaruhi perubahan dan perkembangan dunia fashion dan beauty, Indonesia patut bangga karna masih memiliki identitas dalam dunia fashion dan beauty yaitu Batik dan Jamu Tradisional.


Teknologi :  Anugrah atau Sebuah Kutukan

Meskipun Indonesia bukan kiblat dari perkembangan teknolgi yang terjadi di dunia, namun Indonesia termasuk dalam negara penikmat terbanyak atas teknologi-teknologi tersebut. Indonesia juga sudah terlanjur di cap sebagai salah satu negara yang komsumtif dan merupakan negara tujuan para produsen-produsen pencipta teknologi industri, elekronik, otomotif, informasi dan teknologi. Sehingga perkembangan teknologi di Indonesia cukup barandil besar pada perubahan gaya hidup orang Indonesia yang terkadang positif atau negatif dan bahkan cendrung tidak terkendali.


Travel : Indonesia Layak Dijadikan Destinasi Wisata

Indonesia sebagai negara agraris dan kepulauan bisa berbangga diri karena banyak objek wisata alam serta wisata bahari yang menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun asing. 34 provinsi yang yang tersebar di wilayah Indonesia membuat Indonesia memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi dan terlebih saat ini pemerintah begitu peduli terhadap perkembangan pariwisata di Indonesia.


Tiga aspek diatas hanya sepenggal cerita tentang perubahan yang terjadi di Indonesia masih ada banyak hal telah berubah pada negeri tercinta ini yang membuat kita bingung harus bangga atau kecewa atas perubahan yang telah terjadi selama 10 tahun terakhir. Demikian deskripsi singkat mengenai perubahan yang terjadi pada aspek kehidupan masyarakat Indonesia.


84 comments:

  1. sepluh tahun pengamatan saya yang miris pakaian mas. dulu saya melihat rok mini cuman di tv yang pake sekarangmah di mana - mana.
    secara sayakan orang alim. hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seing-sering istigfar aja Mangs....

      Delete
    2. ia mas kayanya harus ningkat lebih banyak lagi dari sepuluh tahun yang lalu

      Delete
    3. saat sekarang rok mini sudah ada dimana mana mas ya :) sangat disayangkan

      Delete
    4. Jangan lupa tutup mata mas,,,klo ada yg begitu

      Delete
    5. iya mas,sama kacamata hitam ya :) wkwkwkw

      Delete
    6. waduh hahahaha sampe pinjem kacamata nih

      Delete
  2. Kalau kultural dan humaniora nya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya'allah nanti saya tambahkan...

      Delete
    2. sayangnya hal koruptor masih belum bisa diatasi :(

      Delete
    3. Siap nuhun mas :D
      Oh iya bicara soal koruptor, sebenarnya susah untuk diatasi mas. Kayak jamur yang tumbuh diruangan lembab. Makin dicabut, makin tumbuh XD

      Delete
    4. Sudah mendarah daging ya mas,,,

      Delete
  3. ada satu lagi yg terlewatkan mas, saat ini banyak koruptor yg masih berkeliaran di Indonesia . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak malu ngebahasnya mas,,,dan agak sensitif kayaknya...

      Delete
    2. koruptor harus di cegah, tapi kenapa hukum tidak beitu mempersulit kalo bagi koruptor :(

      Delete
    3. Karena hukum menganggap koruptor itu pahlawan yang harus dilindungi mas,,,,

      Delete
    4. ahh,, paling yang harus ngelindungi koruptor cuma sahabat dekatnya yg turut "kebagian jatah"

      Delete
  4. Indonesia memang saat ini da setrtusnya slalu melakukan perubahan, namun tinggal kita melihat dari sudut pandang mana. ada yang positif dan juga negatif, miris juga sih kalau melihat langsung yang negatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas,,,kita harus bijak menyikapinya

      Delete
  5. Banyak perubahan memang yang sudah terjadi diindonesia ini mulai dari budaya sampai teknologi namun mirisnya moral generasi mudanya makin payah serba bebas sudah jauh dari ketimuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas,,,seakan sulit untk dikendalikan

      Delete
  6. Mengenai tempat wisata, Indonesia harus berbangga ya mas wahab, dan juga mengenai batik... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas,,,paling enggak ada yang bisa dibanggakan mas...

      Delete
  7. Kalau kita bisa menyikapinya dengan baik, mudah mudahan perkembangan 10 tahun sekarang ini sangat bermanfaat.. asalkan tidak menghilangkan unsur asli dari budaya kita aja

    ReplyDelete
  8. termaksud kita sekarang ini mas yang menikmati perubahan tekhnologi,.,?
    mas ngerasa ngak,.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngerasa banget mbak,,,
      Semoga kita bisa terus bijak menggunakannya ya mbak...

      Delete
  9. Ya, mau gimana lagi Mas Wahab, Pancasila sendiri tidak mengatur bagaimana cara orang berpakaian atau bagaimana jenis teknologi yang harus "Indonesia banget". Apa yang terjadi saat ini adalah konsekwensi Indonesia sebagai salah satu komunitas dunia. Yang paling penting adalah "kesadaran" akan rasa nasionalisme dan pemaknaan terhadap nilai-nilai Pancasila itu harus tertanam kokoh di dalam sanubari setiap warga negara tanpa harus "berselingkuh" ke negara orang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas, semoga masyarakat bisa punya pandangan hidup seperti mas harry...

      Delete
    2. saya juga ikut setuju mas :) hehehe

      Delete
  10. Emang banyak banget perubahan, yang paling melalukan dicap sebagai negara konsumtif..
    Terkesan gak bisa memproduksi.. huhuu.. padahal sebenarnya banyak orang Indonesia yang pintar, cerdas dan kreatif tapi gak di hargai di negaranya sendiri.. seperti pembuatan mobil warna kuning (lupa namanya), pesawat pak Habibie, kompor hemat (entah apa namanya), serial upin ipin etc.

    Takut mo ngomentarin takut salah faham hehehe

    Yang jelas ambil hikmah perubahan positifnya aja... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memalukan maksudnya, salah ketik :/

      Delete
    2. Iya nich rum,,jadi bingung sendiri sama perubahan yang terjadi saat ini....semoga kita bukan termasuk kedalam generasi yang memalukan itu ya rum...

      Delete
    3. asal kamu jangan pernah berubah :v

      Delete
  11. kalo ditanya Bangga atau tidak ? saya berada ditengah2 nya :D

    ReplyDelete
  12. Apapun itu selagi positif dan bisa mendatangkan manfaat yah kitamah welcome aja,,, indonesia tidak pernah berubah yang berubah tuh orang yang tinggalnya,,, kalau masalah perubahan budaya mungkin dikarenakan terjadinya asimilasi antara budaya barat dan indo,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas berubah itu Orang Indonesianya,,,bukan Indonesianya...

      Delete
    2. betul mas, seperti saat ini saja, banyak kasus yang terjadi di jakarta nya, saling menyalahkan satu sama lainnya ya mas :)

      Delete
    3. Lempar batu sembunyi tangan...

      Delete
  13. Perbedaan yg mencolok adalah dari serial tipi mas, dlu hewan berbentuk animasi, sekarang berbentuk manusia

    ReplyDelete
  14. alhamdulillah mas, banyak perubahan sesudah indonesia merdeka hingga saat ini ya mas, salah satunya perubahan di berbagai teknology atau ilmu pendidikan juga, dan lain sebagainya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas,,,semoga semua perubahan tersebut dampaknya positif ya...

      Delete
  15. itulah mas, kalo lempar mangga jatuh nya bisa kita makan ya mas :) wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  16. informasi serta kecanggihan teknologi seharusnya disikapi positif ya mas, bukan sebagai ajang pamer dan merusak moral bangsa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya seperti itu sih teh,,,tapi balik lg ke individunya masing-masing...

      Delete
  17. dalam sepuluh tahun terkahir memang cukup banya perubahan yg terjadi pada negeri ini ya mas.
    ada yg positif dan banyak pula yg negatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas,,, perubahan yang positif bikin kita bangga perubahan yang negatif bikin kita kecewa...

      Delete
  18. Perkembangan emang ga bisa ditahan, tinggal gimana kita nyikapinnya aja, MERDEKAAA !! *eh, gue ngomong apa barusan, wkwkw

    ReplyDelete
  19. saya tetap bangga mas asalkan negara ini tidak diekploitasi

    ReplyDelete
  20. yang bikin aku bangga ya Keindahan alam Indonesia yang menjadi potensi destinasi wisatawan dunia. tinggal bagaimana rakyatnya mensyukuri keindahan alam negerinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,,,,kita harus bersyukur di indonesia banyak tempat-tempat indah...

      Delete
  21. yang mencolok adalah degradasi moral yang semakin memperihatinkan, inilah tugas kita bersama untuk melakukan perbaikan minimal pada diri kita

    ReplyDelete
  22. Indonesi ammg keren dan pantas jadi destinasi wisata dunia #MajuTerus

    ReplyDelete
  23. Wah gimana itu bisa nambahkan ICON ADMIN dengan kaca mata hitamnya. Waa baru saya mampir ke mari sudah tertarik sama control panel ADMIN nya,. Ada gambar icon Admin berkaca mata tuuuuuu. Seruu beuuddddddddd. Dikasih tau donk rahasianya hiheieihiehiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih tau ak ya,,,
      di inspect aja kang asep pasti langsung kebongkar rahasianya

      Delete
  24. Banyak yang berubah, kecuali kebiasaan buang sampah sembarangan dan sederetan kelakuan gak bermoral lainnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita gak termasuk dari mereka...

      Delete
  25. Indo semakin parah aja mas, hampir semua sisi kehidupan semakin menurun dan mungkin ini juga yang mengakibatkan penurunan moral bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas,,,suka malu sendiri ngeliat kelakuan wakil rakyat sekarang....

      Delete
  26. Perkembangan teknologi terutama teknologi informasi memang sangat berkembang pesat sekali, namun sebagai bangsa yang beradab alangkah baiknya bila perkembangan itu bisa menjadi inspirasi yang positif bukan malah sebaliknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia yang paling penting Mas...

      Delete

Jangan titip link.....saya pasti berkunjung balik....
Beri tahu saya di kotak komentar kalau sobat sudah Follow Blog ini, agar saya bisa segera Folback dan tidak ketinggalan Update artikel dari blog sobat...!!!