Harga Jual / Beli Bitcoin

Belajar Facebook Ads A Sampai Z

17:55:00 Wahab Saputra 29 Comments

Dalam dunia dan aktivitas Internet Marketing banyak para Internet Marketer memanfaat berbagai macam media pemasaran online yang mereka gunakan di antaranya :
  1. Viral Marketing
  2. Forum Marketing
  3. Social Networking
  4. Mailing List
  5. Email Signature
  6. Joint Venture 
  7. PPC Advertising
Iklan Facebook atau  Facebook Ads menjadi salah satu Social Marketing paling favorit diantara iklan media sosial lainnya seperti, Twitter dan lainnya.

Iklan Facebook

Apa itu Facebook Ads?
Facebook Adverts (atau Facebook Ads) adalah sarana pengiklanan yang dilakukan pada platform Facebook. Kalau kamu sering menggunakan Facebook, pasti pernah menemukan post kira-kira seperti ini di newsfeed kamu:

Yup, itu adalah contoh FB Ads yang dipasang oleh brand-brand terkait yang menyasar kamu untuk sebagai calon pembeli/penggunanya.

Seperti layaknya iklan, FB Ads digunakan untuk mempromosikan barang/jasa sesuai dengan target yang diinginkan pemilik brand, misal:
  • Pemilik brand operator telekomunikasi mempromosikan layanan paket data barunya, dengan harapan orang-orang yang melihat iklannya akan menggunakan layanan baru tersebut.
  • Pemilik organisasi nirlaba mempromosikan isu-isu sosial yang diusungnya untuk meningkatkan kesadaran si pelihat iklan akan masalah yang coba diatasi oleh organisasi tersebut.
  • Pemilik situs belanja online mungkin akan mempromosikan produk-produknya dengan harapan menarik minat orang untuk berbelanja dan melakukan transaksi.

Apa Fungsi, Kegunaan dan Manfaat Facebook Ads?
Dengan menggunakan Facebook Ads kamu bisa dengan mudah mempromosikan produk-produk, jasa, website atau blog Kamu. Manfaatnya apa? Ya pasti meningkatkan penjualan dan branding dong!

Coba bayangkan, kalau misalkan kamu hanya menggunakan promosi mulut ke (kuping lalu ke) mulut dan social media channel kamu, mungkin kamu hanya dapat menjangkau keluarga atau teman-teman kamu, yang belum tentu beneran tertarik dengan produk buatan kamu.

Dengan menggunakan Facebook Ads, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang yang lebih tertarik dengan produk kamu.

Kenapa Harus Memilih Menggunakan Facebook Ads?
Keuntungan menggunakan Facebook Ads adalah kemampuan platform tersebut untuk memilih target yang ingin kamu sasar berdasarkan banyak parameter yang dapat membantu meningkatkan potensi keterbelian produk kamu. Kamu bisa menyasar target iklan kamu berdasarkan umur, lokasi, interest, status hubungan, sampai kebiasaan belanja mereka di platform Facebook.

Beberapa contohnya misalnya:
  • Kamu memiliki produk kaos wanita dengan tema “patah hati” dengan bahasa Sunda, maka kamu bisa spesifik menyasar wanita berusia 18-25 tahun yang tinggal di Bandung dan sekitarnya dan status hubungannya ‘Single’.
  • Kamu memiliki produk kaos parodi film science fiction populer, maka kamu bisa secara spesifik menyasar orang-orang yang menggemari film tersebut, atau versi komik atau novel dari film tersebut.
  • Kamu memiliki produk dengan tema kampus A, maka kamu bisa secara spesfik menyasar orang-orang yang masih kuliah atau alumnus dari kampus A tersebut.

Gambar diatas menunjukkan contoh bagaimana kamu bisa melakukan targeting untuk iklan kamu. Ikaln diatas akan ditampilkan kepada laki-laki berusia 18-32 tahun yang tinggal di kota Makassar, Malang dan Medan, berbahasa Indonesia dan menggemari film-film bertema fiksi ilmiah.

Banyak sekali potensi yang bisa kamu gali dengan sistem pentargetan yang dimiliki oleh platform Facebook Ads. Platform ini memang sangat efektif apabila produk kamu memiliki konten yang cocok dengan target yang cukup niche/spesifik.


Apakah Facebook Ads Berbayar?
Betul. Layaknya memasang iklan, kamu harus membayarkan sejumlah uang kepada Facebook (bukan kepada Tees) atas pemasangan iklan kamu di platform mereka.

"Berapa biayanya untuk memasang Facebook Ads / Iklan Facebook?"

Nah, ini dia yang mungkin menjadi pertanyaan itu sayangnya tidak ada jawaban pastinya. Konsep pembayaran ke Facebook bisa dianalogikan dengan sistem lelang, dimana kamu akan nge-bid harga tertentu untuk memperoleh slot iklan di platform Facebook. Oleh karenanya, budget yang harus kamu bayarkan pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

Pembayaran ke Facebook dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

*    Kartu Kredit
    Cara yang direkomendasikan, karena kamu memiliki flexibilitas dari sisi durasi penagihan, sehingga kamu lebih leluasa untuk mengutak-atik budget kamu. Kamu bisa memilih untuk ditagih mingguan atau bulanan dengan pembayaran dilakukan secara otomatis.

 *   Transfer Bank
    Kamu akan mentransfer sejumlah uang sebagai 'saldo' iklan kamu, dan untuk ke depannya budget advertising kamu akan diambil dari situ. Kamu akan bisa melakukan top up untuk saldo iklan kamu apabila saldo kamu sudah menipis.


Tipe-tipe Facebook Ads
Pada tahap ini kita akan memfokuskan diri pada 2 tipe Facebook Ads yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk kamu:

News Feed Ads

Iklan akan ditampilkan pada news feed orang yang kamu sasar. Iklan ini akan terlihat seperti postingan teman kamu pada umumnya, hanya dilabeli ‘Sponsored’, untuk menunjukkan bahwa itu sebenarnya iklan. Karena formatnya menyerupai post, orang bisa berinteraksi dengan iklan ini. Mereka bisa me-like, memberikan comment, share ke teman mereka, dimana ini dapat membantu menumbuhkan rasa percaya orang akan legitimasi dari produk yang kamu promosikan.

contoh iklan news feed iklan facebook


Right Hand Side Ads

Iklan akan ditampilkan pada kolom sebelah kanan pada laman Facebook orang yang kamu sasar. Walaupun lokasinya tidak seperti newsfeed yang merupakan fokus navigasi orang yang menggunakan Facebook, iklan pada right hand side ini cenderung lebih murah (bisa sampai 10x!) daripada Newsfeed, oleh karenanya sering digunakan sebagai ‘pendukung’ iklan utama yang dipasang di newsfeed.

contoh iklan right side iklan facebook


Struktur Facebook Ads
Bagian terakhir dari tahap ini adalah memahami bagaimana struktur dari Facebook Ads itu sendiri. Sangat disarankan untuk menyiapkan struktur yang tepat, dari mulai penamaan, pilihan konten, dsb untuk ads kamu untuk memudahkan monitoring ke depannya.

Facebook menyusun ads mereka sebagai berikut:
Campaign

Campaign adalah level paling atas, yang mendefinisikan tujuan pemasangan iklan kamu (marketing objective). Disarankan kamu menggunakan 1 Campaign untuk setiap produk atau jasa kamu, supaya kamu bisa fokus melakukan targeting dan monitoring seandainya kamu memiliki beberapa produk atau jasa sekaligus.
Ad Sets

Kamu bisa memiliki banyak adsets dalam setiap campaign, yang digunakan untuk mengelompokkan iklan-iklan dimana setiap set akan memiliki targeting dan budget sendiri. Ad sets sangat bermanfaat untuk mengujicoba efektifitas iklan kamu di target-target yang kamu sasar.

Misal, mengacu ke contoh sebelumnya tentang promosi kaos kampus A, kamu bisa membuat ad set yang berbeda untuk ‘Mahasiswa Kampus A’ dan ‘Alumnus Kampus A’, jadi kamu bisa menilai kaos yang kamu pasarkan lebih efektif dipasarkan ke mana, dan kamu bisa memperbesar alokasi budget ke ad sets yang performanya lebih baik.
Ads

Ads adalah materi iklannya itu sendiri, yang merupakan kombinasi dari gambar, judul, teks, link tujuan, dsb. Pada dasarnya yang akan kamu utak-atik di sini adalah sisi kreatif dari ads itu. Idealnya, kamu mencoba beberapa varian ads dalam tiap ad sets, untuk mendapatkan kombinasi yang terbaik.

Misal, dari beberapa varian ads, mungkin kamu menemukan bahwa ads yang menggunakan gambar berlatar belakang rumput dengan informasi harga pada judul ads performanya lebih baik disbanding yang lain. Maka kamu bisa mematikan ads lain pada ad sets tersebut sehingga pengeluaran kamu akan lebih efektif.

Sekarang kamu sudah siap untuk meluncurkan iklan untuk berbagai keperluan seperti, pemasaran produk, jasa dan lainnya!

29 comments:

  1. Penjelasan nya lengkap sekali mas.
    Salam kenal

    ReplyDelete
  2. Oh bs transfer bank jg yah, kirain hrs kartu kredit

    ReplyDelete
  3. Saya pernah pakai alfamart, tapi udah lama buat coba-coba he he

    ReplyDelete
  4. Kalau buat penjualan, masang fb ads sangat memuaskan mas.

    ReplyDelete
  5. sepertinya menarik untuk dicoba fb ads ini, tapi harus rela ngeluarin "sedikit modal" jika ingin beriklan di fb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas,,, Biaya yang tergolong mahal...

      Delete
    2. tapi sebanding lah ya dengan keuntungan yang kita dapat. pengunjung jadi makin rame.

      oke fix , mulai nabung dulu buat beriklan di fb :)

      Delete
  6. efektif juga mas misal beriklan di FB , masalahnya FB adalah sosmed yang rame penggunanya...

    ReplyDelete
  7. Ini lebih ke bisnis yg skala gede kali ya mas wahab,misal portal online gede klo buat promoin blog ece ece kek punyaku pke facebuk ads agak ga balik modal xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jg sich...
      Tapi bolehlah buat memperkuat Personal Branding...

      Delete
  8. Rencana aku juga ingin pasang iklan di facebook. Entar jika sudah punya anggaran yang cukup.

    ReplyDelete
  9. Bukan saya mas, tapi teman saya, saya cuma penonton.😁

    ReplyDelete
  10. Baru tahu kalau bisa transfer Via Bank. Setahu Saya cuma kredit.

    ReplyDelete
  11. Pendapatan nya gede ngak sech fb ads ini ????

    ReplyDelete

Jangan titip link.....saya pasti berkunjung balik....
Beri tahu saya di kotak komentar kalau sobat sudah Follow Blog ini, agar saya bisa segera Folback dan tidak ketinggalan Update artikel dari blog sobat...!!!