Harga Jual / Beli Bitcoin

Bukalapak, Berusaha Memahami Dan Mengerti Kebutuhanmu

11:42:00 Wahab Saputra 52 Comments

Bukalapak adalah E-Commerce pertama yang berhasil meyakinkan Saya untuk tidak takut, apalagi khawatir tertipu saat berbelanja Online, apalagi pada saat pertama kali kemunculan Bukalapak banyak sekali terjadi penipuan jual beli online dengan kehadiran Bukalapak secara perlahan bisa mengikis anggapan bahwa belanja online itu tidak aman. Secara garis besar, Saya sudah menaruh kepercayaan yang sangat besar terhadap E-Commerce yang satu ini. Namun bukan berarti Bukalapak yang memiliki Slogan sebagai Situs jual beli online mudah & terpercaya ini tidak memiliki kekurangan sebagai salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Untuk itu Bukalapak harus terus berbenah dan memperbaiki diri untuk meningkatkan kualitasnya dari berbagai aspek, di antaranya inovasi terhadap strategi content marketing, meningkatkan customer service, meningkatkan pelayanan pengiriman barang atau meningkatkan pengalaman customer saat belanja online melalui website atau aplikasi Bukalapak.

Jika Saya berkaca dari pengalaman pribadi selama menjadi customer setia di Bukalapak. Sebagai customer pun Saya pernah dikecewakan oleh beberapa Seller di Bukalapak atau yang biasa disebut dengan Pelapak. Secara umum masalah ini memang tidak terlalu serius, akan tetapi jika didiamkan secara terus-menerus tidak mustahil masalah kecil ini secara perlahan dapat merusak nama baik atau reputasi para Pelapak yang ada di Bukalapak dan bisa menjadi penyebab berkurangnya kepercayaan customer kepada Bukalapak.

marketplace bukalapak
Cari barang apapun ya Bukalapak

Masalah yang mungkin bukan Saya saja yang pernah mengalami dan bahkan pernah dialami customer-customer Bukalapak diluar sana yang berasal dari seluruh pelosok negeri.

Masalah yang Saya maksud adalah masalah kesesuaian produk yang dijual tidak jauh berbeda dengan apa yang didisplay atau ditampilkan oleh para Pelapak sehingga tidak ada lagi customer yang merasa kecewa atas barang atau produk yang mereka beli di Bukalapak karena produk tidak sama atau jauh berbeda.

Seperti yang kita ketahui yang namanya jual beli online itu, identik dengan barang atau produk untuk itu Marketplace manapun harus konsen menyikapi hal ini tidak terkecuali Bukalapak.com. Agar dapat mengawasi segala produk yang dijual oleh para pelapaknya, terutama dari segi kualitas produk, keaslian produk dan kesesuaian produk.

Untuk itu agar Bukalapak tidak lupa dengan niat awalnya dan tetap pada jalurnya yang ingin bercita-cita menjadi salah satu E-Commerce terbaik dan menjadi yang nomor satu, hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan pada Visi dan Misi Bukalapak yang sebagai berikut :

Visi Bukalapak: Menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia

Misi Bukalapak: Memberdayakan UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia

Agar di kemudian hari tidak ada lagi kejadian seperti ini lagi terjadi dan dialami oleh customer lama atau calon customer baru Bukalapak.com, Saya ingin menyampaikan beberapa hal kepada Bukalapak untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut solusi-solusi atau masukkan untuk CEO Bukalapak.

Bukalapak sebagai Situs jual beli online mudah & terpercaya memang telah memiliki Aturan & Kebijakan khusus bagi para penggunanya dalam hal ini para pelapak atau seller agar tidak merusak nama baik Bukalapak.com sebagai online marketplace nomor 1 di Indonesia yang dengan beragam penghargaan yang diperoleh Bukalapak.com. Kembali ke pokok pembahasan untuk mengatasi masalah yang sering dialami oleh para customer Bukalapak. Saran yang pertama adalah :

  1. Buat aturan untuk para pelapak di Bukalapak.com agar setiap pelapak wajib menampilkan real foto untuk produk atau barang yang dijual, minimal 3 foto nyata yang di ambil dari 3 sudut berbeda.
  2. Mewajibkan para pelapak untuk menggunakan kamera dengan 5MP
  3. Mewajibkan para pelapak untuk memberikan deskripsi atau keterangan lengkap untuk setiap produk atau barang yang dijual.
  4. Mewajibkan para pelapak untuk memberi label Brand New In Box, Out Of The Box, Original, OEM, KW Super, KW 1 dan seterusnya untuk barang atau produk yang dijual.
baju online tidak sesuai harapan, belanja online tidak sesuai harapan, ekspektasi vs realita baju online, baju online mengecewakan
baju online tidak sesuai harapan, belanja online tidak sesuai harapan, ekspektasi vs realita baju online, baju online mengecewakan

Demikian tips untuk meminimalisir para customer merasa kecawa atas apa yang mereka beli di Bukalapak.com dan jika beberapa hal tersebut bisa diterapkan dengan sebaik-baiknya, Saya yakin tidak ada lagi customer yang komplain dengan permasalahann tersebut. Bukalapak.com hanya perlu membuat hal diatas terlihat mencolok hal ini dimaksudkan untuk para pembeli atau buyer dapat mengetahuai barang yang ingin meraka beli ini sesuai keinginan atau tidak. Terkadang customer malas untuk membaca Aturan Penggunaan Bukalapak.

Penerapan aturan ini akan berdampak positif bagi Bukalapak dalam situs perbandingan harga favorit Saya iPrice yang hampir selalu menempatkan Bukalapak di urutan pertama sebagai e-ecommerce yang menawarkan produk-produk dengan harga jual yang murah di Indonesia.

Bukalapak.com sebagai online marketplace nomor 1 di Indonesia sejauh ini bisa dikatatan sebagai e-commerce yang cukup inovatif dan kreatif, karena banyak memiliki fitur-fitur yang sangat bermanfaat bagi para pelapak maupun konsumenya. Fitur tersebut seperti, bukadompet, bukamodal, bukaiklan, bukareksa, kredit online tanpa kartu kredit yang bekerja masa dengan Kredivo.

Untuk meningkatkan Bukalapak, Saya memiliki beberapa usulan pada Bukalapak untuk menambah beberapa fitur yang mungkin bisa diwujudkan dan dikembangkan oleh Bukalapak agar bisa menjadikan Bukalapak lebih dari sekedar marketplace. Tapi, juga sebagai wadah atau sarana untuk memenuhi berbagai kebutuhan orang banyak khususnya untuk masyarakat Indonesia.

Adapun fitur-fitur baru yang Saya sarankan adalah :
  • BukaTabunganHajiUmroh
  • BukaZakat
  • BukaRumah
  • Dan beberapa fitur lagi yang tidak bisa saya sampaikan disini.

Bisa beberapa fitur ini bisa direalisasikan dan dikembangkan oleh Bukalapak.com tidak mustahil Bukalapak akan menjadi Tuan Rumah untuk e-commerce terbesar dan terbaik di negeri sendiri.

Demikian artikel kali ini tentang masukkan dan saran Saya terhadap Bukalapak semoga apa yang Saya sampaikan bisa diserap dengan baik. Ini bukan hanya harapan Saya, karena mungkin saja ini juga menjadi harapan semua orang khususnya penduduk Indonesia. Sekian dan terima kasih.

52 comments:

  1. beberapa saat kami sekeluarga berlangganan belanja di bukalapak, servisnya dan penyajiannya bukalapak memang makjleb sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata si Akang suka ngeborong di Bukalapak ya...

      Delete
    2. jangan percaya Mas wahab...sering saya lihat suka belanja ditanah abang kok

      Delete
    3. Pasti ngeborong juga Tuch Mas...

      Delete
    4. saya kan emang blogger keren jadi dimana-mana pun pasti belanja...atuh..kum

      Delete
    5. Asik...
      Saya dapet jatah juga donk Mang...

      Delete
    6. Mudah-mudahan dibagi sama Mang Lembu...

      Delete
  2. Aku sering belanja di bukalapak. Gak tau kenapa setelah nyoba, ehh ketagihan..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi yang suka blanja online ya begini.

      Delete
  3. Wah saran yang menarik. Semoga dipertimbangkan sama anggota bukalapak yaa. Masalah klasik online store memang begitu sih kadang barang yang ga terlalu bagus difoto seakan-akan kualitas premium suapa menarik minat pembeli. Kita sebagai pembeli harus super cermat memilih barang yang di jual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Bro...
      Kadang masalah sepeleh yang kayak gini justru bikin orang ogah belanja online...

      Delete
  4. khusus baju, tas dan sepatu dengan saran nomor 1-2 aku setuju banget. Banyak seller yg pakai gambar contoh aja soalnya

    Suika-Lovers.com

    ReplyDelete
  5. saya ga begitu suka belanja. tapi aturannya itu penting banget sih. supaya tidak terjadi penipuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iklan GA nya nyengsol deh...iklan popupnya masih dipasang aja ya? ahihihii...kuno

      Delete
    2. Abis payout dicoplok mang...

      Delete
  6. jarang mas wahab ke bukalapak, enak juga ternyata yah :D

    ReplyDelete
  7. itu yang beli baju tidak sesuai harapan mungkin klo badan dan tingkat kegantengannya sama hasilnya pasti jadi bagus juga hehe..

    ReplyDelete
  8. yang penting belanjanya puas ya mas hehehe

    ReplyDelete
  9. luamayan sering order lewat buka lapak, slama ini layanan masih ok

    ReplyDelete
  10. berhubung saya mah belom punya pengalaman berbelanja di bukalapak, jadi untuk saat ini cuma bisa nyimak aja sembari seruput kopi di pojokan :D

    ReplyDelete
  11. Saya juga member bukalapak, sudah beberapa kali belanja dan merasa cukup puas dengan semua layannanya.... Maju teruss bukalapaaakkk...

    ReplyDelete
  12. Kerja kerคs yg brbuah kepercayaan ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju...
      Proses gak bakalan membohongi hasil...

      Delete
  13. Belum pernah belanja online mas. Tapi boleh juga belanja di Bukalapak tapi ya itu kagak ada uangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus coba klo gitu...
      Saya doain dapet rezeki nomplok...

      Delete
  14. Dari hal yang sepele bisa jadi besar ya kalau nggak diperhatikan, ini bisa jadi masukan yang mau terjun jadi seller di Bukalapak.

    ReplyDelete
  15. mantap gan infonya sangat menarik dan saya baru tahu malah

    ReplyDelete
  16. bukalapak memang terbaik lah ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih belum pernah mengunakan aplikasi buka lapak untuk berbelanja

      Delete
  17. Jika pesanan kita tidak pas setelah dipakai kita, mungkin karen ayang pakai kali! Hehheheh

    ReplyDelete
  18. wahh masih jarang beli di bukalapak nih.. besok2 nyoba dh hehehe

    ReplyDelete
  19. Bukalapak belum gratis ongkir, cuma sewaktu-waktu aja dan berat juga syaratnya.

    ReplyDelete

Jangan titip link.....saya pasti berkunjung balik....
Beri tahu saya di kotak komentar kalau sobat sudah Follow Blog ini, agar saya bisa segera Folback dan tidak ketinggalan Update artikel dari blog sobat...!!!