Tips Menjadi Seorang Supervisor / Manajer Unggul

16:40:00 Wahab Saputra 4 Comments


Tips: Menjadi Seorang Supervisor/Manajer Unggul

Menjadi seorang supervisor/manajer yang unggul yang memberi manfaat besar dan berbeda bagi perusahaan tentu menjadi keinginan setiap individu pada posisi tersebut. Namun, banyak supervisor/manajer yang prestasinya biasa-biasa, tidak jauh beda dari yang lain atau bahkan lebih rendah dari yang lain. Tentu hal ini sungguh tidak baik bagi karir dan kepuasan individu tersebut.

Seyogianya, ketika seorang ketika diangkat menduduki posisi tersebut, ia harus duduk merenung dan bertanya…’Apa saja kriteria yang menjadi dasar saya menjadi seorang supervisor/manajer unggul?’ Dengan mengajukan pertanyaan ini, individu tersebut sudah maju selangkah dan membuka wawasan individu tersebut dan mengarahkan pencapaian kerjanya pada kriteria keberhasilan tersebut.

Cara Menjadi Seorang Supervisor Unggul


Dari pengalaman kami, maka 3 kriteria yang menjadi dasar dalam menentukan keberhasilan seorang supervisor/manajer, ketiganya adalah:

1. Berhasil Mencapai Sasaran Operasionalnya. Sasaran operasional yang dimaksud disini adalah sasaran yang terkait dengan nama jabatannya. Jika ia seorang manajer pemeliharaan, maka sasarana operasionalnya adalah memastikan semua mesin beroperasi dengan baik dan bila ada kerusakan, perbaikan segera terjadi. JIka ia manajer produksi, maka sasaran operasionalnya adalah pencapaian pada bidang jumlah prdoduksi, kualitas, biaya, keselamatan kerja, waktu delivery, dan indicator terkait lingkungan. Tentu semua sasaran operasioanl ini harus disusun dalam bentuk indicator dan terukur.

2. Berhasil Mencapai Sasaran Pengembangan Anak Buah. Seorang supervisor/manajer diharapkan oleh organisasi berhasil mengembangkan anak buahnya. Hal ini karena perusahaan biasanya ingin tumbuh, maka pertumbuhan perusahaan hanya akan dicapai bila setiap atasan dapat mengembangkan anak buah mereka menjadi anakbuah yang mandiri dan siap dipromosikan. Gagal mengembangkan anak buah akan menghambat karir supervisor/manajer, karena bagaimanapun, penggantinya selalu diharapkan adalah anak buah mereka. Peristiwa paling banyak terjadi dalam organisasi adalah ketika hendak berkembang, tidak cukup orang yang berkualitas untuk menduduki jabatan tertentu dalam organisasi.

3. Berhasil Mencapai Sasaran Perbaikan Kerja. Kriteria yang ketiga ini ditujukan untuk menciptakan efisiensi. Pada bidang ini, semua supervisor/manajer diharapkan memberikan perbaikan dalam pola kerja, proses lebih pendek, kerja lebih produktif. Untuk, itu setiap supervisor/manajer harus selalu melihat proses bisnis yang ada diunit kerjanya dan lintas bidang, dan melakukan upaya perbaikan sehingga pekerjaan lebih mudah dikerjakan, lebih cepat dan menggunakan sumber daya yang lebih efisien. Tentu dengan meningkatnya efisiensi, perusahaan memiliki perbedaan dengan pesaing.

Cara Menjadi Seorang Manajer Unggul


Bila seorang supervisor/manajer telah memikirkan hal ini dan duduk menuliskan masing-masing sasaran pada ketiga bidang ini, maka orang tersebut telah memiliki dasar yang kuat akan apa saja yang harus dicapai. Langkah berikutnya tentu adalah mencari tahu bagaimana cara mencapai sasaran-sasaran tersebut. Dua hal ini teramat penting yaitu SASARAN (Apa, Berapa, Bilamana) dan BAGAIMANA sebelum mulai bekerja. Kalau hal ini sudah jelas, maka hal terakhir LAKUKAN BAGAIMANA dengan penuh komitmen dan tanggungjawab.

Kami yakin penuh apabila hal ini dilakukan dengan baik dan konsisten, orang tersebut akan berhasil menjadi seorang supervisor/manajer yang sukses yang memberikan perbedaan yang akhirnya akan membantu karir dan kepuasan diri.
Semoga membantu.


Jakarta, 13 September 2014.
Sahala P. Sinurat (0812-8015-784)

Direktur Utama PT Samchads Consulting Indonesia





4 comments:

  1. wah mimpi deh saya bang kalau bisa jadi manager atau supervisor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya mimpi cita-cita tinggi emang penting...
      Gak terkecuali agan sendiri...

      Delete
  2. Thanks tipsnya bang, mantep ni kalo diterapkan :D

    ReplyDelete

Jangan titip link.....saya pasti berkunjung balik....
Beri tahu saya di kotak komentar kalau sobat sudah Follow Blog ini, agar saya bisa segera Folback dan tidak ketinggalan Update artikel dari blog sobat...!!!