Langkah Cerdas Cara Beli Saham Perusahaan Dengan Modal Ringan

16:00:00 Wahab Saputra 4 Comments

Salam hangat buat semua sobat wahabsaputra.com. Kali ini saya mau berbagi Langkah Cara Beli Saham Perusahaan dengan Modal Ringan untuk yang pemula dalam dunia saham.

Sebenarnya kalau kamu tau saham itu bukan investasi yang mahal. Hanya butuh modal Rp.5000 saja kamu sudah bisa punya saham dari perusahaan. Saya sudah pernah menulis artikelnya di blog analisa fundamental saham yang saya kelola, silahkan dicek sendiri.

Sebelum masuk ke pembahasan inti sedikit saya jelaskan dulu ya bagaimana saham itu.

Jadi dalam investasi saham seorang investor akan memperoleh dua jenis keuntungan, yaitu Capital Gain dan Dividen.

Capital gain adalah selisih harga jual dengan harga belinya. Misalnya kamu beli saham Perusahaan Gas Negara (kodenya PGAS) seharga Rp.2000 per lember, dan setelah beberapa bulan kamu tahan ternyata harganya naik jadi 2.500, maka untung sebesar 500 rupiah tersebut adalah capital gainnya. Tinggal kalikan saja berapa lembar saham yang kamu jual, bisa 1000, 100.000 bahkan kalau kamu punya modal besar bisa hingga jutaan lembar.

Nah, berikutnya adalah Dividen. Dividen ini didapat hanya sekali setahun untuk tiap saham yang kita beli. Nilanya memang tidak besar, hanya sekitar 2-5% saja.

Tapi jangan sampai keliru, nilai segitu memang sedikit kalau kamu baru beli sahamnya, tapi kalau kamu beli di harga 500 kemudian setelah beberapa tahun naik jadi 3000 per lembar misalnya, maka nilai 3% dari dividen yang kamu dapat saat masih harga 500 mungkin sedikit, tapi kalau 3% dari 3000 kan jumlahnya lumayan, bahkan lebih tinggi dari deposito bank. Belum lagi kalau dijual dan dapat untung capital gain. Bisa berlipat-lipat untungnya kan?

Itulah sebabnya, mengapa Warran Buffett bisa jadi orang terkaya di dunia, padahal modal awalnya hanya $100, ya kira-kira 10 jutaan kalau dihitung nilai sekarang. Ya, ini karena beliau pintar dalam mencari saham murah dan menjualnya saat harganya sudah mahal.

Langkah Cara Beli Saham Perusahaan Dengan Modal Ringan
Home Page analis.co.id Mau Kepoin Lebih Jauh Buka Aja Yuk...


Sudah dulu ya intronya, sekarang mari kita belajar step by step cara investasi saham

Cara Beli Saham Perusahaan dengan Modal Ringan

Ada beberapa langkah ringan yang harus kamu lakukan kalau mau beli saham perusahaan. Mengenai ini sudah saya bahas di blog saya, simak di sini : Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Modal Kecil

Nah, berikut caranya:

  1. Siapkan modal deposit awalModal deposit ini ditujukan untuk memastikan bahwa kamu punya modal bertransaksi dan bukan hanya coba-coba saja.

    Kalau di Mandiri Sekuritas modalnya untuk mahasiswa bisa minimal Rp.2 Juta saja. Tapi di broker lain macam-macam nilainya, bahkan di IndoPremier sendiri katanya tidak ada minimal deposit. Kalau kamu sudah punya modal 200 ribu saja sudah bisa.

    Tapi biar tidak terlalu kelihatan kere banget, paling tidak kamu deposit 1 juta dulu aja. Ini juga nantinya akan kamu pakai untuk transaksi atau beli saham di BEI melalui prusahaan broker tersebut.
  2. Daftar di Perusahaan Sekuritas Ini banyak yang keliru dikira kalau mau beli saham lewat bank. Ada juga yang bilang kalau beli saham harus langsung ke Bursa Efek Indonesia atau BEI, ini juga salah besar.

    Beli saham itu sama sekali bukan di bank dan juga tidak bisa langsung ke BEI, tapi harus melalui perusahaan yang sering disebut dengan Perusahaan Sekuritas.

    Di situs resmi BEI sudah disebutkan bahwa ada kurang lebih 108 perusahaan resmi yang sudah terdaftar. Kamu bisa memilih mana saja.

    Kalau saya pribadi lebih memilih sekuritas dari ‘plat merah’, maksudnya perusahaan BUMN yang dikelola pemeritah. Di antaranya adalah Mandiri Sekuritas dan BNI Sekuritas.

    Pendaftarannya juga sekarang mudah sekali karena langsung online di situsnya. Jadi tidak perlu ketemu langsung.
  3. Mulai Transaksi Online Jadi setelah daftar di perusahaan sekuritas dan sudah punya akun, selanjutnya tinggal deposit saja.

    Setelah deposit sejumlah dana maka kamu sudah bisa transaksi. Tinggal lakukan bid atau penawaran beli ke investor lain yang mau menjual sahamnya.

    Beli saham juga tidak asalan, ada analisanya. Istilahnya analisa fundamental dan teknikal. Kalau kamu jadi value investor maka analisanya adalah analisa fundamental dari laporan keuangan perusahaan.

    Mengenai proses transaksinya sudah saya jelaskan di artikel blog Analis.co.id, silahkan simak lagi tautan cara membeli saham yang sudah saya share di atas.


    Sampai di sini dulu ya pemaparan saya soal cara membeli saham bagi pemula, semoga bermanfaat dan bisa mengantarkan anda bebas finansial di usia muda. Amin!



4 comments:

  1. ambil pertamax dulu ah ..bolehkan ?

    ReplyDelete
  2. dalam dunia bisnis saham menyaham sangatlah penting mas, apalagi harga jual saham kedepanya terus meningkat,,,

    ya...itung itung buat investasilah....

    ReplyDelete
  3. saya kurang berani melakukan hal seperti itu
    takutnya rugi
    masih belajar dulu saja mas

    ReplyDelete

Jangan titip link.....saya pasti berkunjung balik....
Beri tahu saya di kotak komentar kalau sobat sudah Follow Blog ini, agar saya bisa segera Folback dan tidak ketinggalan Update artikel dari blog sobat...!!!